Pelajaran dari Film The Hunger Games

katniss-everdeen-the-hunger-gamesSob, pernahkan kita mengambil sisi baik atau belajar memaknai hidup dari sebuah film atau cerita lainnya ? The Hunger Games, kita bisa belajar dari kegagalan, terjatuh atau yang lainnya dari film ini. The Hunger Games, mungkin film dengan premis paling brutal yang pernah ada. Sekelompok anak mudah dipaksa saling bantai, sementara rakyat dinegara tersebut menyasikan aksi mereka dari televisi. Barbaric ? Iya, tapi kondisi negara itu tidak banyak berbeda dengan dunia kerja. Agar mampu bertahan, career coach Claire Gordon menyajikan beberapa tips dari film ini yang layak dicoba.

Jangan Ikut Arus

Diawal permainan, peserta the Hunger Games menyerbu penyimpanan dan bekal. Mudah ditebak, separo diantara mati terbatai. Itu mirip dengan job hunting, berbondong2 melamar ke perusahaan populer atau mengikuti tes CPNS memperkecil peluang kita untuk diterima. Harus pakai strategi yang lain, misalnya mengajukan lamaran sendiri ke perusahaan yang benar2 sesuai dengan minat dan kemampuan diri sendiri.

Punya Skill Istimewa

Bisa memanah ? mematahkan leher orang dengan tangan kosong ? atau akrobat diantara pepohonan ? Skill yang spesial harus dimiliki dalam persaingan ketat ditempat kerja, itulah yang harus dimiliki dalam persaingan ketat ditempat kerja. Ini akan memberikan nilai lebih sehingga kita menjadi lebih diperhatikan oleh boss.

Berani Ajukan Diri

Katniss Everdeen adalah orang pertama dalam sejarah yag ikut game secara sukarela dan menang. Nah, dikantor jangan segan2 untuk mengajukan diri jika ada tawaran untuk menggarap sebuah proyek penting. Atasan sangat menghargai orang yang berani mencoba tantangan. Mungkin tidak serta merta berhasil, tetapi pasti ada pelajaran yang didapat.

Jangan Mentang2 Kompetitor

Ada saingan dikantor ? Jangan diserang secara terang2an. Sebab mungkin saja bakal terjadi senjata makan tuan. Kita boleh berusaha mengalahkannya dalam setiap proyek, tetapi jangan pernah menunjukkan sikap bermusuhan.

Boleh Berharap Perubahan Peraturan

Ada kalanya peraturan dikantor tidak adil, misalnya karyawan harus bekerja lembur karena ada tambahan pekerjaan. Lalu, boss memberi tahu bahwa diantara dua pekerja, hanya ada satu yang bakal dapat bonus tambahan. Kalau Anda pikir sistem yang lama lebih baik, jangan cuma komplain. Anda harus sampaikan itu kepada boss Anda seperti Katniss yang tidak ingin membunuh Peeta dalam film ini.

Luka Lama adalah Pembunuh Karir

Tidak sedikit karyawan yang dipecat lantara membuat kesalahan fatal. Tapi, lebih banyak lagi yang karirnya mandek bukan gara2 satu kesalahan besar. Melainkan kesalahan kecil2 yang membuat boss kehilangan kepercayaan kepada karyawan. Mungkin saat itu karyawan tidak dipecat tapi dikotakkan, misalnya susah naik pangkat dan sulit naik gaji. Itu tidak lebih daripada diberhentikan, dan saatnya kita otopsi kesalahan2 kecil yang membuat karir kita mandek di dunia kerja.

So, semoga kita belajar dari film ini atau jika sobat mempunyai beberapa saran atau wejangan untuk menjalani kehidupan ini, silahkan tinggalkan komentarnya dibawah ini. Terimakasih …

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s